Apa Itu Efek Bokeh

Posted on

Apa Itu Efek Bokeh? Dalam tahun-tahun ini, kelihatannya istilah bokeh makin terkenal. Kamu dapat menyaksikan sendiri di diagram di bawah ini bagaimana penelusuran kata ‘bokeh’ di Google bertambah mencolok dalam 5 tahun akhir. Tetapi telah tahukah kamu apakah arti video bokeh museum yang sesungguhnya? Lantas bagaimanakah cara membuat bokeh di video atau foto? Di artikel ini kami akan secara eksklusif mengulas hal itu.

Bokeh ialah kualitas seni photografi yang dibuat dari sisi yang tidak konsentrasi atau blur

Apa Itu Efek Bokeh?

Bokeh berawal dari bahasa Jepang ‘boke’ yang secara harfiah bermakna blur. Sesuai bahasa aslinya, bokeh ialah kualitas seni photografi yang dibuat dari sisi yang tidak konsentrasi atau blur. Bokeh umumnya dipakai oleh beberapa photografer untuk pisahkan poin of interest dengan background (latar belakang) latar depan (foreground).

Dari keterangan di atas, kamu bisa menyaksikan toples berisi lampu hias yang menjulur keluar. Lampu hias dan toples kelihatan konsentrasi dan tajam, sementara laut dan matahari di background terlihat tidak konsentrasi. Di bagian yang tidak konsentrasi, kamu dapat menyaksikan bagaimana object beralih menjadi bundar, karena dampak yang dibuat oleh lensa. Nach, dampak berikut yang kita sebutkan sebagai ‘bokeh’.

Mencari production house? Kontak Studio Antelope saja! Studio Antelope ialah production house dan perusahaan konten creation yang berbasiskan di Jakarta, Indonesia.

Langkah Membuat Bokeh

Hasil bokeh ditetapkan oleh lensa bukan camera. Kamu dapat memakai camera terbaik, tetapi tanpa opsi lensa yang pas, bokeh tidak dapat dibuat. Lantas persisnya sisi mana pada lensa yang membuat dampak blur ini? Berikut penjelasan-nya yang sudah kami ambil dari https://rumusrumus.com/

Ganti Seting Camera ke Manual atau Aperture Priority

Bila kamu ingin memperoleh dampak blur ini, karena itu hal pertama kali yang dapat kamu kerjakan ialah mengganti seting camera kamu ke “Manual” atau “Aperture Priority”. Dengan ke-2 seting itu, kamu bisa mengganti aperture atau bukaan sesuai kemauan kamu.

Pakai Bukaan Lebar

Coba incar object yang kamu ingin menjadikan poin of interest. Gantilah bukaan lensa jadi bukaan lebar, misalkan f/2.8. Selanjutnya putarlah gelang konsentrasi supaya konsentrasi pada object itu. Sesudah kamu memutar gelang konsentrasi, kamu akan menyaksikan pengubahan kualitas gambar di viewfinder kamu. Background akan beralih menjadi kabur atau blur seperti contoh di atas.

Perluas Jarak Object dan Latar Belakang

Jika jarak object / subyek photografi kamu begitu dekat sama background, karena itu dampak bokeh tidak dapat dibuat. Karena itu, berikan sedikit kedalaman dengan melebarkan jarak di antara object dengan background. Bila background tidak dapat dipindah, karena itu dekatkan object menuju camera. Dengan demikian object akan makin dipisahkan dengan background.

Panduan dan Tehnik Memperoleh Photo Bokeh

Sesudah ketahui 4 hal yang memengaruhi bokeh, kenali panduan dan tehnik untuk memperoleh photo bokeh yang bagus.

Lihat Konsentrasi pada Object

Salah satunya arah membuat photo bokeh untuk menunjukkan object khusus, jadi taruh titik konsentrasi camera pada bagian object supaya sisi itu kelihatan tajam dan terang. Jika memfoto manusia, tempatkan titik konsentrasi pada mata orang yang dipotret.

Sekarang ini camera cukup pandai untuk tentukan pada bagian mana konsentrasi yang semestinya, misalkan Sony A7 Mark III, bisa mengetahui sisi mata object secara automatis.

Walau demikian, kadang camera bisa juga salah saat menentukan titik konsentrasi. Ini terjadi karena ada benda yang lebih ceria atau lebih bagus dibanding object photo atau juga bisa karena ada benda yang lebih dekat sama camera hingga camera menganggap itu object khusus.

Memakai Lensa Final / Prime

Lensa final atau lensa prime sebagai lensa yang cuman mempunyai 1 focal length, misalnya :

  • Canon 50mm f/1.8;
  • Nikon 35mm f/1.4G;
  • Canon EF 20mm f/2.8; atau
  • Tamron 90mm f/2.8 Macro.

Bagaimana Langkah Membuat Photo Bokeh

Lensa prime mempunyai kualitas optik yang sangatlah baik karena produsen lensa membuat lensa tipe ini cuman konsentrasi pada bagaimana hasilkan kualitas gambar terbaik di focal length itu.

Disamping itu, lensa prime mempunyai kualitas bokeh yang baik karena biasanya lensa prime mempunyai aperture optimal yang besar.

Baca juga : Video Bokeh

Lensa prime mempunyai harga yang condong lebih dapat dijangkau dibandingkan lensa zoom karena konstruksi lensa dan jumlah komponen didalamnya tidak sekompleks lensa zoom.