Wed. Sep 28th, 2022

Ini yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Hilang Atau Dicuri

Smartphone telah menjadi sangat penting bagi kita saat ini. Sehingga segala bentuk kerugian membuat pemiliknya pusing. Mungkin bukan karena aspek fisik dari smartphone, tapi karena data di perangkat, yang bisa jadi sangat penting bagi kita.

Tapi apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti itu? Pertama-tama, tetap tenang, jangan panik. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini ketika dihadapkan pada situasi kehilangan smartphone Anda, entah itu hilang atau dicuri secara tidak sengaja.

Hubungi penyedia layanan nirkabel Anda

Dikutip dari https://sennakasir.co.id/ Pertama-tama, yang dapat kita lakukan ketika kehilangan ponsel adalah menghubungi operator seluler. Apakah smartphone Anda hilang atau dicuri? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi operator Anda untuk melaporkan situasinya. Anda dapat menyelesaikan berbagai hal melalui telepon atau melalui aplikasi atau situs web pelanggan Anda.

Jelas kesulitannya adalah menemukan perangkat lain untuk melakukan ini karena perangkat Anda tidak lagi tersedia. Kemudian operator akan menonaktifkan kartu SIM. Dengan cara ini Anda tidak perlu membayar pajak yang dikenakan oleh pencuri ponsel Anda.

Pesan itu juga bertujuan untuk menggunakan sesuatu yang lain nanti untuk mengembalikan nomor lama Anda yang hilang. Operator biasanya harus melaporkan data ke konsumen, dimungkinkan untuk memiliki kartu SIM baru tetapi menggunakan nomor lama.

Gunakan fitur lokasi

Anda kemudian dapat mencoba menemukan ponsel cerdas Anda menggunakan fitur lokasi. Fungsi ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Maka dimungkinkan untuk menemukan ponsel cerdas Anda yang hilang atau dicuri di peta (Google Maps).

Anda juga dapat membangunkannya dari jarak jauh, menguncinya, atau menghapus data. Untuk melakukan ini, cukup buka situs web ini dari browser apa pun di PC, ponsel cerdas lain, atau tablet. Namun, jika pencuri mematikan smartphone, tidak mungkin menemukannya.

Namun, Anda dapat melihat di mana ponsel itu terakhir. Dilansir dari https://imigrasilampung.co.id/ Jika perangkat Anda hilang dan ada di rumah Anda, Anda dapat menghubunginya untuk menemukannya dengan mudah. Fungsi ini juga dapat bekerja dalam mode senyap.

Hapus data dari jarak jauh

Dari platform Google yang sama Anda dapat mengunci ponsel cerdas Anda seperti yang disebutkan di atas. Jadi Anda juga dapat keluar dari akun Google Anda dan bahkan menghapus semua yang ada di ponsel Anda.

Setelah Anda cukup yakin bahwa Anda tidak akan pernah menemukan ponsel Anda lagi, Anda dapat memilih langkah ini. Jangan ragu untuk menghapus data jika Anda memiliki pesan rahasia atau mengelola rekening bank Anda dari ponsel atau file penting lainnya.

Harap dicatat bahwa setelah langkah ini selesai, ponsel cerdas tidak dapat ditemukan lagi setelah menghapus data. Dikutip dari https://dakwahnu.id/ Jika perangkat dimatikan selama proses, penghapusan akan dilakukan saat perangkat dihidupkan kembali

Membuat pengumuman

Setelah Anda membuat cadangan data Anda, sekarang saatnya untuk melaporkan pencurian atau kehilangan ke otoritas terkait (polisi). Anda mungkin dapat menemukan ponsel Anda dengan cara ini, meskipun jarang.

Tetapi prosedur ini penting karena beberapa alasan. Pertama, petugas yang mengambil pernyataan Anda akan meminta nomor IMEI Anda, jadi Anda perlu menuliskannya di suatu tempat, Anda dapat menemukannya di kotak smartphone Anda atau di layanan Google Find My Device.

Anda kemudian dapat mengirim salinan deklarasi ke operator Anda untuk membuktikan situasi Anda. Anda mendaftarkan IMEI di database umum untuk semua operator dan ponsel cerdas akan dilarang di semua wilayah negara Anda.

Sumber :

By denami